Categories
Rumah

Tips Mengatasi Masalah Pada CARPORT

Walau fungsi utama sebagai tempat melindungi kendaraan, carport juga dapat berfungsi menambah nilai estetika hunian. Sehingga, tak sedikit pemilik rumah yang ingin mendandani carport mereka agar tampil lebih menarik. Namun, selain tampil memikat carport pun harus dirancang dengan baik agar kuat dan dapat bertahan lama. Berikut merangkum beberapa pertanyaan seputar merancang dan memperindah carport, beserta solusinya.

Baca juga : Jual Genset Bali

Menghijaukan Atap

Bila atap carport terbuat dari dak beton dan di bagian atasnya ingin dijadikan taman atap, material apa sajakah yang dibutuhkan?

Untuk dak beton, Anda harus melapisinya dengan waterproofing agar air hujan tidak merembes ke bagian bawah, kemudian ditambahkan tanah. Untuk jenis tanaman, pilihlah tanaman yang memiliki akar kecil (akar serabut) atau jenis tanaman rambat. Pasalnya, bila meletakkan atau menanam tanaman berakar besar, berpotensi merusak dak dan menyebabkan kebocoran.

Menggunakan Kaca Untuk Atap

Saya sedang merenovasi rumah, kebetulan area carport juga ingin dirombak ulang. Suami dan saya sepakat untuk menggunakan atap carport berbahan kaca, mengingat material ini bikin hunian kita tampak “wah” dan cantik. Masalahnya kita agak ragu mengaplikasikan kaca sebagai material utama, karena mempertimbangkan aspek keamanan. Adakah tip untuk merancang carport dengan material kaca ini?

Untuk membangun carport dari bahan kaca, yang harus Anda perhatikan adalah ketebalan dan jenis kacanya. Biasanya, jenis kaca yang digunakan untuk atap carport adalah kaca tempered dengan ketebalan 12mm. Pasalnya, atap carport akan langsung bersinggungan dengan sinar matahari sehingga harus menggunakan kaca yang tebal. Selain itu, kaca dengan jenis dan ketebalan ini akan mencegah atap dari masalah retak atau pecah.

Anda juga bisa melapisi atap dengan kaca film agar  sinar matahari tidak sepenuhnya menembus permukaan kaca. Penggunaan kaca film akan membuat area carport lebih sejuk. Yang perlu diketahui, biaya membangun carpot dari bahan kaca lebih mahal dibandingkan dengan bahan atap biasa. Demikian pula dengan biaya pemasangannya. Mengingat, teknik pemasangan akan lebih sulit dan tukang yang digunakan haruslah yang memiliki pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *