Categories
News

Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Rumah Bagian 2

4. Pijat lembut bagian tubuh yang memar. Gunakan ibu jari Anda untuk memijat lembut bagian luar luka memar. Jangan memijat terlalu kuat karena akan menyebabkan rasa sakit. Pastikan memijat dalam gerakan memutar.

5. Jemur luka memar di bawah sinar matahari. Jika Anda bisa menjemur luka memar Anda selama 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari langsung, radiasi sinar UV akan mulai mempercepat proses penembuhan dan membuat luka memar Anda hilang lebih cepat.

Baca juga : Jual Genset Makassar

Kemasukan Benda Asing

Kecelakaan seperti ini sering sekali terjadi pada anak-anak yang tak sengaja menelan benda asing yang tidak biasa di dalam tubuh, seperti duri menusuk dan tertinggal dalam kulit, biji-bijian yang dimasukkan ke dalam hidung telinga, telinga kemasukan serangga, dan saluran napas tersumbat makanan. Atasi dengan pertolongan pertama berikut ini.

1. Bila benda asing tidak terlalu besar, usahakan untuk bersin. Caranya dengan mencium bubuk merica. Jika dengan cara tersebut tidak berhasil segera dirujuk ke rumah sakit. Jangan mengorek atau menyemprot dengan air karena hal ini dapat memperparah keadaan atau benda asing akan semakin dalam.

2. Jika ditemukan benda asing di telinga, misalnya serangga, keluarkan dengan meneteskan minyak mineral (gliserin/ parafin cair) atau obat tetes telinga, kemudian miringkan dan amati benda asing tersebut keluar atau tidak. Bila tidak keluar, jangan melakukan tindakan apapun sebab dapat merusak saluran atau selaput kendang telinga.

3. Untuk benda asing di mata, jangan menggosok-gosok kelopak mata. Bila ada darah segera rujuk ke rumah sakit. Bila debu yang halus, dapat dilakukan dengan membalik kelopak mata, dengan ujung kapas atau sapu tangan yang dibasahi ambil debu yang ada di mata.

4. Duri ikan yang tertancap ditenggorokan dapat diatasi dengan menelan bakpao, atau nasi yang dikepal kemudian ditelan. Bila tidak berhasil rujuk ke rumah sakit.

Nah, pertolongan pertama pada beberapa kecelakaan di atas sangat penting untuk Anda ketahui. Jika Anda atau keluarga Anda tertimpa kecelakaan di rumah, Anda pun dapat dengan cepat melakukan pertolongan. Bila Anda ingin mengetahui lebih banyak bagaimana cara melakukan pertolongan pertama di rumah, Anda dapat medaftarkan diri Anda beserta keluarga untuk ikut ke dalam pelatihan dari Safetycode. Dengan begitu, bahaya kecelakaan di rumah Anda pun dapat Anda atasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *