Dukungan Publisher Ternama bersama NET89 – Tak perlu menunggu lama dan tak butuh usaha ekstra bagi Apple untuk menggaet dan merangkul para pengembang aplikasi. Di awal perkenalan Metal di ajang WWDC 2014 lalu, Apple sudah berhasil mengajak beberapa publisher game ternama untuk bekerja sama. Pada presentasi API Metal di ajang WWDC tersebut, Apple sudah langsung mengumumkan beberapa partner mereka yang akan maupun sudah mengembangkan game berbasis API Metal di iOS.

Mereka adalah Unity, Electronic Arts, Crytek, dan Epic Games. Bahkan, salah satu founder Epic Games, Tim Sweeney, mempresentasikan dan mendemokan langsung teknologi yang sejatinya mereka buat untuk konsol namun bisa dijalankan di platform iOS. Game sekelas konsol Hingga artikel ini ditulis, memang belum banyak aplikasi atau game yang sudah mendukung API Metal di iOS 8. Setidaknya ada delapan game yang sudah mendukung API Metal, yaitu Beach Buggy Racing, Defenders, Plunder Pirates, Mr. Crab, The Collectables, Modern Combat 5: Blackout, Asphalt 8: Airborne, dan Epic Zen Garden. Empat judul game terakhir bahkan memiliki kualitas yang luar biasa untuk ukuran game mobile.

Dari pengujian yang lakukan, Epic Zen Garden menjadi arena pertunjukan API Metal yang sesungguhnya. Pasalnya, game interaktif ini dibuat menggunakan Unreal Engine 4 yang saat ini mulai banyak digunakan untuk konsol sekelas PlayStation 4 atau Xbox One. Melalui Epic Zen Garden, Anda bisa melihat tekstur detail dan kompleks yang bisa di-render oleh perangkat iOS yang sudah mendukung API Metal, seperti dedaunan, air, bebatuan, dan beragam objek menarik lainnya.

Semua objek tersebut disajikan secara interaktif dan bisa merespons sentuhan tangan Anda. Asphalt 8: Airborne versi API Metal juga terlihat menawan. mengujinya menggunakan dua iPhone 5S, yang satu menggunakan iOS 7, dan satunya lagi menggunakan iOS 8. Keduanya menghasilkan kualitas grafis dan efek visual yang berbeda. Asphalt 8 dengan dukungan API Metal mampu menyajikan efek visual yang lebih kaya, seperti percikan api, efek cipratan air, efek blur, hingga tetesan air hujan yang tak akan bisa dinikmati pada Asphalt 8 yang belum mendukung API Metal.

Sumber : net89.net

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *