Jasa pembuatan furniture – Kita bisa belajar dari semut dalam hal bergotong royong untuk mendapatkan makanan. Karena pada dasarnya semut merupakan hewan yang suka bekerjasama untuk mendapatkan makanan.

Semut bisa bergerombol di makanan, di tembok, desain interior kantor, ataupun di lantai rumah kita. Tapi bagaimanapun juga, keberadaan semut, apalagi yang bergerombol pasti membuat kesal anda dan keluarga.

Mengintip, 7 Cara Membasmi Semut Tanpa Bahan Kimia

Banyak macam cara yang bisa dilakukan untuk mengusir semut, mulai dari menggunakan obat-obatan, bahan kimia, atau cara lainnya. Bahan kimia memang bisa mengusir semut dengan cepat, tapi anda harus memikirkan bahaya yang ditimbulkan bagi kesehatan anda dan keluarga.

Cara terbaik untuk mengusir semut adalah dengan menciptakan suasana interior ruangan Jakarta yang membuat semut tidak suka berada di tempat tersebut dan dengan menggunakan bahan-bahan yang aman bagi kesehatan.

Lalu bagaimana cara membasmi semut tanpa bahan-bahan berbahaya? Berikut ini beberapa tips dan cara membasmi semut dengan menggunakan bahan-bahan alami

1.Mentimun

Cara membasmi semut yang pertama adalah dengan menggunakan mentimun. Selain dimanfaatkan menjaga kesehatan tubuh dan merawat kecantikan, mentimun juga bisa digunakan untuk membasmi dan mengusir semut.

Tahukan anda terdapat satu fakta yang aneh, yaitu semut ternyata tidak menyukai rasa mentimun. Sehingga untuk mengusir semut, bisa anda lakukan dengan meletakkan irisan mentimun atau mentimun yang sudah diblender di tempat yang didatangi banyak semut atau di sarang semut.

2.Garam atau lada

Cara selanjutnya yang efektif membasmi dan mengusir semut adalah dengan menggunakan garam atau lada. Cara menggunakan garam sebagai pembasmi semut adalah dengan menyebarkan garam atau lada di bagian rumah kita yang menjadi sarang semut.

Anda juga bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan melarutkan garam ke dalam air panas. Lalu sebarkan larutan tadi dengan cara menyemprotkan ke tempat yang menjadi sarang semut. Dengan cara yang sama, anda juga bisa menggunakan bahan lada.

3.Bedak bayi atau bubuk kopi

Apakah anda pernah melihat semut berkumpul di rak buku atau lemari pakaian. Kalau anda menggunakan cairan untuk membasmi semut tersebut, anda pasti khawatir buku atau pakaian anda akan basah.

Nah, anda bisa menggunakan bedak bayi atau bubuk kopi untuk membasmi semut di tempat-tempat tersebut. Anda cukup menaburkan bedak bayi di sekitar gerombolan semut berada, maka mereka akan tunggang langgang menjauhi tempat tersebut.

4.Air jeruk nipis (lemon)

Cara lain yang sangat mudah dilakukan untuk membasmi semut adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Bau asam jeruk nipis tidak disukai semut sehingga membuatnya kabur dan tidak mau mendekat.

Untuk cara pemakaiannya, belah dan peras jeruk nipis, kemudian campur perasannya dengan sedikit air dan semprotkan ke tempat-tempat semut bersarang. Selain itu anda juga bisa mencampur air jeruk nipis dengan pembersih lantai.

5.Daun sirih

Daun sirih biasa digunakan orang zaman dulu sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Tapi ternyata daun sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk yang aman dan alami.

Caranya adalah dengan meremas-remas daun sirih agar aromanya keluar, kemudian letakkan di tempat yang sering didatangi semut.

Jika daun sirih tersebut sudah layu, anda bisa menggantinya dengan yang masih segar. Dengan menggunakan daun sirih, semut pergi dan dapurpun menjadi wangi.

6.Cuka putih

Cara ini cocok digunakan untuk membasmi semut yang ada di dapur. Aroma cuka yang menyengat dan mampu tahan lama membuat semut kabur dan enggan kembali.

Selain itu, keasaman cuka tersebut kan membuat semut pedih saat tubuhnya terkena cairan cuka ini. Sehingga jika anda menemukan sarang semut di rumah, anda tinggal menyemprotkan cuka putih di tempat yang sering disambangi semut.

7.Kapur semut

Cara membasmi semut berikutnya adalah dengan menggunakan kapur semut merk apapun atau dengan kapur tulis yang banyak dijual di toko-toko. Caranya adalah anda bisa mencoret-coret kapur ke tempat yang sering dilewati semut. Semut tidak akan berani menyeberangi garis yang dibuat dengan kapur, karena semut bisa mati kalau terkena kapur.

Pencegahan Dari Semut

Sebelum semut masuk secara bergerombol ke dalam rumah dan mengganggu, anda bisa lakukan beberapa kebiasaan berikut ini

  • Segera bersihkan sisa makanan dan minuman yang tumpah
  • Segera bersihkan piring dan gelas kotor
  • Rutin membersihkan lantai
  • simpan makanan di tempat yang tertutup rapat
  • Segera tutup lubang semut

Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir menghadapi semut yang suka berkumpul di rumah anda dan tips di atas segera praktekkan ya dan semoga sukses.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *