Cara Menghilangkan Bau Pete – Petai atau pete merupakan tanaman tropis yang tumbuhannya banyak tersebar luas di negara kita. Masyarakat kita biasa mengkonsumsi pete dengan berbagai cara, ada yang dimakan mentah sebagai lalapan, dibakar ataupun digoreng.

Baca Juga: 7 Cara Memebasmi Semut Tanpa Bahan Kimia

Pete memiliki 2 sisi bertolak belakang, yaitu dibenci sekaligus disuka banyak orang. Pete dibenci karena menimbulkan aroma tak sedap pada mulut dan air seni yang dikeluarkan dari orang yang mengkonsumsi pete. Aroma tak sedap ini dikarenakan pete memiliki kandungan asam amino, yang mengandung unsur sulfur di dalamnya. Meskipun tidak berbahaya, tapi efeknya menimbulkan bau tak sedap yang keluar dari mulut atau melalui urine.

Tapi pete juga disukai dan dicari banyak orang, karena tidak dapat dipungkiri pete memiliki aroma unik yang memacu nafsu makan dan pete juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

8 Cara Menghilangkan Bau Pete yang Sangat Menganggu

Nah, bagi anda yang ragu mengkonsumsi pete karena khawatir dengan bau yang ditimbulkan, kami akan berbagi tips cara menghilangkan bau pete dengan mudah dan singkat. Untuk menghilangkan bau pete 100% memang sangat sulit, tapi setidaknya langkah-langkah ini akan mengurangi aroma tak sedap yang ditimbulkan.

1. Sikat gigi

Cara pertama untuk menghilangkan bau pete di mulut adalah dengan melakukan sikat gigi setelah anda mengkonsumsi pete. Dengan menyikat gigi, anda akan membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel di gigi anda. Jika anda sudah melakukan sikat gigi, tetapi mulut masih bau juga, ada kemungkinan anda tidak menyikat gigi dengan benar. Selain menyikat gigi, jangan lupa untuk menyikat lidah karena bakteri yang menempel di lidah akan menimbulkan bau pada mulut.

Gunakan pasta gigi yang beraroma mentol atau mint karena akan menyegarkan nafas anda, sehingga andapun semakin percaya diri dalam berinteraksi

2. Makan buah-buahan

Biasanya orang memakan buah setelah makan besar atau makan nasi sebagai hidangan pencuci mulut. Memakan buah secara rutin juga bisa menghindarkan dari berbagai penyakit dan membuat badan lebih bugar. Tetapi ternyata makan buah juga bisa menghilangkan bau mulut yang timbul setelah mengkonsumsi pete. Pilihlah buah-buahan yang berserat dan mengandung banyak air seperti semangka, stroberi, jeruk, apel dan pepaya. Buah-buahan tersebut juga memiliki aroma yang enak sehingga bisa mengurangi aroma tak sedap yang ditimbulkan makan pete.

Disarankan makan buah dengan jeda minimal 30 menit setelah makan pete agar kadar kalori dan gula yang dibakar menjadi energi tidak berlebih. Kelebihan kadar kalori dan gula bisa memicu gangguan kesehatan bagi tubuh kita.

3. Yogurt

Yogurt dikenal sebagai makanan yang mengandung prebiotik, yaitu bakteri baik bagi tubuh. Bakteri baik tersebut akan menurunkan jumlah bakteri jahat yang menjadi penyebab bau mulut. Yogurt diyakini dapat menetralkan bau mulut tak sedap yang diakibatkan dari makan pete. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi yogurt tidak hanya menghilangkan bau mulut, tapi juga mengurangi keluhan plag dan gangguan gusi. Namun perlu diperhatikan, para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi yogurt sebanyak 200 gram per hari

4. Mengunyah daun kemangi

Khasiat daun kemangi untuk menghilangkan bau mulut sudah lama teruji. Kemangi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang diakibatkan makan pete. Caranya, anda bisa konsumsi bersamaan dengan pete atau bisa juga mengunyah beberapa helai daun kemangi sebagai lalapan setelah makan pete.

5. Vitamin B kompleks

Vitamin B dapat membunuh kuman yang ada di mulut dengan cepat. Anda bisa mendapatkan vitamin B di apotek terdekat. Mengkonsumsi vitamin B ternyata tidak saja menghilangkan bau pete di mulut, tetapi juga mengurangi bau urine yang timbul setelah makan pete.

6. Minum air putih

Air putih mengandung banyak kebaikan, dan merupakan salah satu cara menghilangkan bau pete secara alami. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membersihkan bakteri dan kotoran yang ada di sekitar mulut sehingga akan menetralisir bau mulut dengan cepat. Minuman bersoda juga dapat menghilangkan bau pete, tetapi juga memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. Sehingga lebih aman memakai cara alami saja, yaitu minum air putih.

7. Air garam

Air garam telah digunakan untuk membilas dan membersihkan mulut sejak ratusan tahun lalu. Sebuah penelitian pada tahun 2010 oleh Indian Society of Pedodontics andPreventive Dentistry menunjukkan bahwa air garam secara efektif dapat membunuh bakteri mulut. Anda bisa juga menggunakan larutan air garam untuk menghilangkan bau pete, caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur secukupnya garam dengan air hangat, kemudian kumur-kumur dengan larutan air garam tadi. Lakukan selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas mulut dengan air hangat.

Obat kumur juga salah satu cara menghilangkan bau pete, namun kadar alkohol terlalu tinggi yang terdapat dalam banyak obat kumur akan berisiko terhadap kesehatan mulut
kita.

8. Kopi hitam

Kopi hitam memang terasa pahit, tetapi minum secangkir kopi hitam dapat menghilangkan bau pete pada urine maupun di mulut karena kopi bisa menetralisir aroma pete. Selain diseduh, anda juga bisa mengunyah kopi hitam untuk menghilangkan bau pete di mulut, caranya adalah dengan mengunyah kopi hitam, kemudian kumur-kumur dengan air bersih untuk menghilangkan bubuk kopi dari gigi dan mulut.

Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi hitam untuk menghilangkan aroma tak sedap di toilet yang diakibatkan bau urine orang yang makan pete. Caranya dengan menyeduh kopi hitam seperti kita hendak meminumnya, diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas, lalu siram ke toilet untuk menghilangkan bau tak sedap.

Nah, demikian tadi tips cara menghilangkan bau pete. Semoga dengan membaca tips ini, anda tidak lagi khawatir untuk menikmati makanan pete. O ya, selain tips tadi, hindari juga kebiasaan buruk merokok karena merokok akan mengurangi produksi air liur. Tanpa air liur yang cukup, bakteri penyebab bau mulut bisa berkembang pesat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *